Female Sexual Dysfunction (FSD)

Artikel Terjemahan
Source : http://www.hormone.org/

Apa itu Female Sexual Dysfunction (FSD)?

Banyak wanita memiliki dorongan seks rendah atau kesulitan mengalami orgasme. Beberapa wanita tidak terganggu oleh ini, tetapi beberapa dari wanita merasakan keresahan dari gangguan yang sexual yang terjadi.

Berikut ini adalah beberapa jenis disfungsi seksual yang terjadi pada wanita :

  • Hasrat seksual rendah
  • Kesulitan merasa terangsang
  • Kesulitan mengalami orgasme
  • Nyeri saat berhubungan seks

Seorang wanita mungkin memiliki lebih dari satu masalah ini dimana korelasi antar setiap gejala sering berhubungan satu sama lain. Disfungsi seksual bisa menetap selama seumur hidup atau bersifat sementara. Gangguan ini dapat terjadi setiap saat, dengan pasangan tertentu, atau hanya pada waktu tertentu, misalnya setelah kehamilan.

Kehidupan seks yang sehat tergantung pada campuran kompleks dari berbagai faktor. Hal yang sama berlaku untuk kehidupan seks yang bermasalah. masalah kesehatan, obat-obatan resep tertentu, perubahan kadar hormon, pasangan atau masalah dalam keluarga, dan masalah psikologis dapat berkontribusi menyebabkan FSD.

Perawatan dan penanganan apa yang tersedia untuk FSD?

Pilihan pengobatan tergantung pada penyebab masalah Anda. Seringkali pilihan yang tepat untuk penanganan FSD adalah kombinasi dari perawatan yang terbaik. Jika Anda memiliki kondisi medis yang menyebabkan FSD, segeralah berbicara dengan dokter/ tenaga medis profesional tentang apa yang dapat dilakukan.

  • Berbicara dan lakukan konseling

Pertimbangkan berbicara dengan pasangan Anda tentang apa yang terjadi. Kadang-kadang cara terbaik dalam menyelesaikan gangguan sexual adalah dengan komunikasi yang saling memerlukan. Jika perlu, Anda mungkin ingin mendapatkan konseling, sendiri atau dengan pasangan Anda. terapi seks, biasanya merupakan langkah selanjutnya yang dapat diambil pasangan dalam menyelesaikan masalah yang terjadi.

  • Perubahan gaya hidup

Beberapa wanita menyatakan bahwa penurunan berat badan, makan makanan yang sehat, berolahraga, berhenti merokok, dan cukup tidur membantu meningkatkan rasa kesejahteraan dan minat pada seks.

Cobalah menemukan cara untuk menjadi nyaman dengan seksualitas Anda sendiri. Hal ini mungkin melibatkan cara berpikir tentang sikap Anda terhadap seks ketika Anda tumbuh dewasa, dan menemukan cara untuk meningkatkan harga diri Anda, serta menerima tubuh Anda apa adanya.

  • Pengobatan menggunakan hormon Estrogen

Estrogen dapat menjadi solusi dari masalah kekeringan vagina dan hubungan seksual yang menyakitkan. Dua jenis resep estrogen yang tersedia: lokal (vagina) dan pengunaan pada seluruh tubuh (sistemik).

Estrogen lokal diberikan dalam dosis yang sangat rendah dan dimasukkan ke dalam vagina sebagai krim atau tablet. Estrogen lokal juga dimasukan kedalam cincin vagina. pengobatan lokal tidak memiliki risiko kesehatan estrogen yang tidak stabil terhadap seluruh tubuh karena hanya sejumlah kecil estrogen dari luar yang mencapai aliran darah.

Estrogen seluruh tubuh, juga disebut terapi hormon, diambil sebagai pil, gel, atau semprot. Karena mempengaruhi seluruh tubuh, memiliki beberapa risiko kesehatan, seperti stroke dan pembekuan darah. Terapi hormon esterogen tidak dianjurkan bagi wanita dalam masa menopause.

Pengobatan lainnya :

Melakukan perawatan non-resep yang bebas hormon dan memiliki beberapa efek samping, dapat membantu meringankan gejala FSD, termasuk diantaranya memberikan pelembab vagina beberapa kali dalam seminggu atau pelumas untuk vagina, yang digunakan sebelum melakukan hubungan seksual.

Testosteron, bila digunakan dalam jangka pendek (satu atau dua tahun), dapat meningkatkan dorongan seks pada beberapa perempuan. Produk testosteron untuk wanita disetujui di beberapa negara tapi tidak di AS. Jangka panjang testosteron bagi perempuan belum terbukti dan sedang dipelajari hingga kini.

Alat Bantu

Sebuah perangkat alat bantu yang disebut Eros dapat membantu meningkatkan gairah seks dengan meningkatkan aliran darah ke daerah genital untuk meningkatkan sensasi.

Penyebab Fisik FSD

Penyebab fisik

Masalah kesehatan : Diabetes, penyakit jantung, kanker, arthritis, multiple sclerosis, atau penyalahgunaan alkohol

Obat-obatan untuk mengobati tekanan darah tinggi, depresi.

Masalah ginekologi:

Kondisi medis seperti endometriosis, cystitis, masalah otot panggul, atau nyeri panggul kronis

Operasi panggul atau genital yang menyebabkan jaringan parut, penurunan aliran darah, atau kerusakan saraf ke daerah genital.

Penyebab Hormonal

Penurunan kadar estrogen akibat menopause dapat menyebabkan kekeringan vagina dan hubungan seksual yang menyakitkan.

Penurunan kadar testosteron yang diproduksi dalam jumlah yang sedikit pada wanita.

Penyebab Psikologis

Gangguan mental : Cemas, depresi, gangguan makan, pelecehan seksual masa lalu, takut kehamilan yang tidak diinginkan

Masalah hubungan : Kebosanan, kemarahan terhadap pasangan.

Perbedaan keyakinan agama dan budaya mengenai seks.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s