Gangguan Kecemasan/Anxiety Disorders

Artikel Terjemahan
Source : https://www.psychiatry.org

Kecemasan/Anxiety adalah reaksi normal terhadap stres dan dapat kehadirannya dapat bermanfaat dalam beberapa situasi. Munculnya kecemasan dalam batas normal dapat mengingatkan kita untuk tetap waspada dalam bahaya dan membantu untuk mempertahankan atensi. Gangguan kecemasan berbeda dari perasaan kecemasan dalam batas normal, gangguan kecemasan melibatkan rasa takut berlebihan atau kecemasan yang abnormal pada kondisi tertentu. Gangguan kecemasan adalah kondisi umum dari gangguan mental yang mempengaruhi lebih dari 25 juta orang Amerika. Tapi gangguan kecemasan dapat diobati dengan penanganan efektif yang telah tersedia. Pengobatan dan tindakan medis tertentu akan membantu kebanyakan orang menjalani kehidupan yang produktif normal.

Kecemasan yang terjadi pada seorang manusia biasanya akan menyebabkan ketegangan otot dan perilaku menghindar terhadap situasi yang mendatangkan stres. Ketakutan adalah respon emosional terhadap ancaman langsung dan berhubungan dengan prinsip fight or flight reaction untuk melawan atau meninggalkan untuk menghindari bahaya.

Seseorang dapat didiagnosis mengalami gangguan kecemasan apabila :

  • Keluar dari proporsi situasi penting / cenderung mudah meninggalkan tanggung jawab .
  • Gejala berlangsung selama enam bulan terakhir atau lebih
  • Menggangu kemampuan untuk berfungsi secara normal

Ada beberapa jenis gangguan kecemasan, termasuk generalized anxiety disorder, panic disorder, specific phobias, agoraphobia, social anxiety disorder dan sparation anxiety disorders.

Generalized Anxiety Disorder

gangguan kecemasan umum/Generalized Anxiety Disorder merupakan gangguan kecemasan yang ditandai dengan adanya rasa khawatir yang berlebihan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Orang dengan gangguan GAD akan mudah merasa khawatir dan tegang disertai dengan gejala fisik, seperti gelisah, merasa lelah, sulit berkonsentrasi, meningkatnya ketegangan otot atau masalah tidur. Seringkali gejala ini timbul akibat kekhawatiran pada hal-hal sehari-hari seperti tanggung jawab pekerjaan, kesehatan keluarga atau hal-hal kecil seperti pekerjaan, atau janji.

Panic Disorder

Gejala utama dari gangguan panik adalah serangan panik berulang, merasa menghadapi tekananan fisik dan psikologis. Selama serangan beberapa gejala ini terjadi :

  • Palpitasi, jantung berdebar atau detak jantung yang cepat
  • berkeringat
  • Gemetar
  • Perasaan sesak napas
  • Sakit dada
  • Merasa pusing
  • Merasa tersedak
  • Mati rasa atau kesemutan
  • Menggigil
  • Mual atau perut nyeri
  • Takut mati

Karena gejala yang timbul sangat parah dan beragam, banyak orang yang mengalami serangan panik mungkin percaya bahwa mereka sedang mengalami serangan jantung atau penyakit yang mengancam jiwa lainnya.

Specific Phobia

Fobia spesifik adalah ketakutan yang berlebihan dan terus-menerus terhadap objek tertentu, situasi atau aktivitas yang umumnya tidak berbahaya. Pasien menyadari bahwa ketakutan yang mereka hadapi terasa begitu berlebihan, tetapi mereka tidak bisa mengatasinya. Ketakutan ini menyebabkan tekanan sehingga beberapa orang lebih memilih untuk menghindari sebelum terjadinya phobia.

Agoraphobia

Agoraphobia adalah takut berada di situasi ramai, diamana dirinya merasa bahwa ruang terbuka adalah tempat dimana seseorang merasakan ketidaknyamanan. Ketakutan yang terjadi tidak sesuai dengan situasi aktual yang dihadapi dan bisanya gejala ini berlangsung selama enam bulan atau lebih dan menyebabkan masalah dalam beraktifitas. Seseorang dengan agoraphobia mengalami ketakutan ini dalam dua atau lebih situasi berikut:

  • Menggunakan transportasi umum
  • Berada di ruang terbuka
  • Berada di tempat tertutup
  • Berdiri di baris atau berada di kerumunan
  • Berada di luar rumah sendirian

Secara aktif individu akan selalu menghindari situasi ramai, dan selalu membutuhkan pendamping atau memilih bertahan dengan rasa takut yang intens disertai kecemasan. Gangguan Agoraphobia akan menjadi begitu serius ketika seorang individu sudah menetapkan untuk tidak mau bersosialisasi dan keluar dari rumah.

Gangguan Kecemasan Sosial/Social Anxiety Disorder

Seseorang dengan gangguan kecemasan sosial memiliki kecemasan yang signifikan dan ketidaknyamanan yang intens dan takut dipermalukan, ditolak atau dipandang rendah dalam interaksi sosial. Orang dengan gangguan ini akan mencoba untuk menghindari situasi atau bertahan dengan kecemasan dalam periode waktu tertentu. Contoh umum adalah ketakutan ekstrim berbicara di depan umum, bertemu orang-orang baru atau makan / minum di depan umum. Ketakutan atau kecemasan menyebabkan masalah dengan fungsi sehari-hari dan berlangsung setidaknya enam bulan.

Separation Anxiety Disorder

Seseorang dengan Separation Anxiety Disorder akan merasakan ketakutan yang berlebihan saat berpisah dengan orang terdekat. Seseorang dengan gangguan Separation Anxiety Disorder mungkin terus-menerus khawatir tentang kehilangan orang yang paling dekat dengan dia, mungkin enggan atau menolak untuk pergi keluar atau tidur jauh dari rumah tanpa orang tersebut, atau mungkin mengalami mimpi buruk tentang perpisahan.

Penanganan Kecemasan

Self-Help, Coping, and Managing

Ada sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi gejala gangguan kecemasan dan membuat penanganan kecemasan menjadi lebih efektif. Teknik manajemen stres dan meditasi dapat membantu dalam menurunkan rasa cemas. Kelompok pendukung/Support Group dapat memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan strategi coping stress. Hindari kafein, yang dapat memperburuk gejala, dan memeriksa diri ke tenaga kesehatan profesional sehingga Anda terhindar dari masalah yang lebih serius.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s