Peran Ibu Dalam Perkembangan Anak

Menjadi seorang ibu adalah sebuah perjalanan yang dinamis, penuh tantangan dan kejutan. Ibu juga memiliki peran yang penting dalam perkembangan anak semenjak dilahirkan diantaranya :

  1. Membentuk Ikatan Emosional:

Seorang ibu dan merupakan akses pertama anak dari setiap ikatan emosional dan keterikatan/attechment.  Seorang ibu merupakan guru dalam proses belajar emosi pertama seorang bayi dalam sebuah hubungan ibu dan anak.

Seorang ibu yang menjalin hubungan kedekatan dengan bayi pada beberapa bulan dan tahun-tahun awal akan memberikan dampak yang mendalam pada anak secara keseluruhan dalam aspek kesejahteraan dan perkembangan anak. Hubungan kedekatan ibu dan anak selama tahun-tahun awal akan sangat mempengaruhi cara anak berperilaku dalam pengaturan sosial dan emosional.

Sebagai seorang ibu yang bereaksi terhadap kebutuhan anak Anda dan bagaimana seorang ibu mencoba untuk mengurus kebutuhan mereka akan mengajarkan kepada anak tentang bagaimana cara memahami orang lain dan kebutuhan emosionalnya.

  1. Mengajarkan Kepercayaan Dan Keamanan:

Ibu merupakan salah satu fasilitator dalam memberikan keterampilan hidup dasar yaitu belajar untuk mempercayai dan memeberikan kepercayaan dan keamanan secara emosional.

Seorang ibu akan memberikan pembelajaran pada anak mengenai bagaimana memberikan kepercayaan terhadap orang lain dan dipercaya. Jika seorang anakdapat mempercayai seorang ibu, maka seorang anak akan memperoleh keamanan secara emosional.

  1. Be Sensitive / Peka

Seorang ibu juga merupakan guru bagi Anak untuk belajar pelajaran besar dalam hidup  yaitu bagaimana menjadi peka terhadap kebutuhan dan pengalaman orang lain. Seorang ibu mungkin memiliki cara tertentu untuk melihat sesuatu yang berkaitan dengan anak sementara anak mungkin memiliki pandangan yang sama sekali berbeda. Seorang ibu pasti memiliki cara tertentu untuk menafsirkan perasaan kepada anak mengenai hal

  1. Berprilaku Baik Dan Kasih Sayang :

Seorang ibu akan senantiasa mengajarkan untuk berprilaku baik dan penuh kasih terhadap anak, tidak peduli seberapa stres atau marah seorang ibu. Cara seorang ibu berbicara dan menanggapi kegiatan anak sangat berperngaruh kepada perkembangan anak dalam aspek emosional terutama bagaimana cara menghargai, mencintai dan berprilaku dalam kehidupan sehari – hari.

  1. Perilaku Positif:

Hidup penuh dengan tantangan,  tetapi cara seorang ibu dalam menangani masalah dapat menjadi contoh bagi anak tentang pentingnya perilaku positif. Respons terhadap berbagai masalah, kecil maupun besar, akan menunjukkan anak bahwa memiliki perilaku positif dapat membantu melalui berbagai kesulitan. Seorang ibu akan senantiasa mengajak anak untuk belajar dari kesalahannya dan tidak pernah menyerah.

  1. Pentingnya Rutinitas dan Disiplin:

Seorang ibu akan senantiasa memberikan kedisiplinan yang baik pada anak bagaimana anda bisa mengelola waktu seefektif mungkin dan komitmen mengikuti rutinitas.  Seorang ibu merupakan pengawas dan guru dalam kedisiplinan anak sejak dini dan akan memberikan dampak baik dikemudian hari jika pola asuh yang baik diterapkan dalam mengasah kedisiplinan anak.

Source : http://www.momjunction.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s