Takut Berbicara Di Depan Umum : Bagaimana Cara Untuk Mengatasinya?

Takut berbicara di depan umum adalah fobia yang umum. Hal ini dapat meliputi gejala dari rasa gugup, rasa takut dan panik. Banyak orang yang takut berbicara di depan umum menghindari situasi berbicara di depan umum sama sekali, atau mereka merasa tertekan ketika mereka harus berjabat tangan hingga gemetaran. Tapi dengan persiapan dan ketekunan, Anda dapat mengatasi rasa takut Anda.

Langkah-langkah yang dapat diambil :


Pahami topik yang akan anda bahas
. Semakin baik Anda memahami apa yang Anda bicarakan – dan semakin Anda paham tentang topik – semakin kecil kemungkinan Anda akan membuat kesalahan dalam menyampaikan materi. Dan jika Anda mulai menjauh dari topik yang anda bahas, tentu anda akan dapat menyesuaikan dengan cepat. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan apa yang mungkin dipertanyakan audiens agar anda dapat terlihat lebih siap.

Terorganisasi, hati-hati merencanakan informasi yang Anda akan sajikan, termasuk alat peraga, audio atau alat bantu visual yang akan anda gunakan. Semakin terorganisasi Anda, semakin sedikit anda akan gugup. Gunakan catatan kecil untuk menjaga diri dari keluar jalur. Jika mungkin, luangkan waktu untuk mengunjungi tempat di mana Anda dapat berbicara dan mengulas peralatan yang tersedia sebelum presentasi Anda.

Praktek, dan kemudian berlatih lagi. Anda harus menyiapkan diri dengan berlatih melakukan presentasi. Lakukan selama beberapa orang yang Anda merasa nyaman mendengarkan anda. Minta mereka untuk memberikan umpan balik. Atau, merekamnya dengan kamera video dan menonton sehingga Anda dapat melihat peluang untuk perbaikan.

Memvisualisasikan kesuksesan Anda. Bayangkan bahwa presentasi Anda akan berjalan dengan baik. pikiran positif dapat membantu mengurangi beberapa gejala negatif Anda tentang kinerja sosial dan meringankan beberapa kecemasan.

Melakukan pernapasan dalam. Hal ini bisa sangat menenangkan. Mengambil dua atau lebih nafas dalam, napas lambat sebelum Anda naik ke podium dan melakukan pidato Anda.

Fokus pada materi Anda, bukan pada audiens Anda. Orang – orang akan fokus terutama pada saat memperhatikan/mendapatkan informasi baru – bukan bagaimana informasi itu dipresentasikan. Mereka mungkin tidak melihat kegugupan Anda. Jika penonton tidak melihat bahwa Anda gugup, mereka mungkin akan memberikan isyarat untuk Anda dan berharap presentasi Anda menjadi sukses.

Moment of silent. Jika Anda kehilangan jejak dari apa yang Anda katakan atau Anda mulai merasa gugup dan pikiran Anda berjalan kosong, dapat tampak seperti Anda telah berhenti berbicara. Namun dalam kenyataannya, itu mungkin hanya beberapa detik. Bahkan jika itu lebih lama, kemungkinan audiens Anda tidak akan keberatan untuk anda mengambil jeda danmempertimbangkan apa yang akan Anda katakan. Ini mungkin menjadi saat yang tepat untuk mengambil beberapa nafas lambat dan, napas dalam.

Kenali kesuksesan Anda. Setelah pidato atau presentasi, audiens akan memberikan Anda tepukan di punggung. Ini mungkin belum sempurna, tetapi kemungkinan Anda jauh lebih penting dari diri Anda dari audiens Anda. Semua orang membuat kesalahan selama pidato atau presentasi. Lihatlah setiap kesalahan yang Anda dan buat sebagai kesempatan untuk meningkatkan keterampilan Anda.

Cari dukungan. Bergabunglah dengan kelompok yang menawarkan dukungan untuk orang-orang yang mengalami kesulitan dengan berbicara di depan umum. Salah satu sumber daya yang efektif.

Source : http://www.mayoclinic.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s