Menetapkan Tujuan dalam Terapi: Metode SMART untuk Hasil Terbaik

Kita sering mencoba untuk meningkatkan kehidupan kita dengan menetapkan tujuan dan melakukan tindakan untuk mencapainya. Tetapi banyak orang memiliki keterampilan penetapan tujuan yang kurang baik, membuat pilihan yang terlalu besar atau tidak realistis. Hasilnya? Meskipun upaya terbaik mereka untuk membuat tujuan mereka menjadi kenyataan, mereka jarang mendapatkan tingkat keberhasilan yang diinginkan.

Tidak mengetahui bagaimana menetapkan tujuan dengan baik dan benar sering menyebabkan kegagalan, dan dapat menciptakan perasaan yang dapat mempengaruhi harga diri dan motivasi.

Sehingga mengetahui cara mengatur tujuan dengan tepat, realistis yang menghasilkan hasil yang dapat diukur merupakan hal penting.

Kadang-kadang masalah dapat membutakan kita terhadap penetapan tujuan yang baik. Perlu dicatat, masalah pribadi kita juga dapat memberikan titik awal yang sangat baik untuk penciptaan tujuan. Mengubah sesuatu yang negatif menjadi sesuatu yang positif, contohnya sebuah tujuan, adalah cara yang indah untuk memulai mengatasi masalah-masalah pribadi.

Jika mengidentifikasi tujuan atau tantangan begitu sulit bagi Anda, bekerja dengan terapis profesional dapat menjadi bantuan yang sangat berharga dalam proses penciptaan tujuan. Terapis yang terlatih dapat membantu Anda mengidentifikasi apa masalah Anda, bagaimana mereka mengelolanya, dan bagaimana Anda dapat mengubahnya. Tujuan seharusnya tentang pemberdayaan diri, dan apakah cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda daripada menghadapi tantangan yang ada?

Sebuah teknik yang sering digunakan oleh terapis yang dapat membantu dalam mengidentifikasi tujuan pribadi adalah “magic wand question“. Pertanyaannya kira-kira sebagai berikut: “Jika Anda memiliki tongkat ajaib, yang akan memberikan Anda kemampuan untuk mengubah hal-hal yang Anda tidak suka dan Anda akan bangun besok dan berada di dunia yang seperti Anda inginkan, apa yang akan Anda ubah?” Menanyakan pada diri sendiri dengan pertanyaan berikut dapat berfungsi untuk mengidentifikasi tujuan yang mungkin di mana Anda dapat bekerja.

Sekali Anda telah mengidentifikasi tujuan yang Anda ingin lakukan, jadikan prioritas! Ini akan membantu Anda mengidentifikasi tujuan mana yang membutuhkan perhatian yang besar. Ingatlah untuk memusatkan seluruh perhatian Anda pada satu tujuan pada suatu waktu; ini akan membantu untuk memaksimalkan peluang keberhasilan Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu tujuan, Anda dapat mengerjakan yang lain setelah Anda telah mencapai tujuan pertama.

Setelah Anda memilih tujuan Anda yang paling penting, tanyakan pada diri sendiri jika tujuan Anda adalah sesuatu yang dapat dicapai dengan mengubah cara Anda berpikir, dengan bagaimana Anda bertindak, atau keduanya. Pertanyaan ini akan memberikan petunjuk penting tentang arah mana yang Anda harus ambil yang paling efektif untuk mencapai tujuan Anda. Tanggapan Anda akan diintegrasikan ke dalam rencana tindakan Anda dan dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses.

Dan pastikan anda membuat tujuan S.M.A.R.T. untuk Anda sendiri!

SMART. adalah metode populer untuk menetapkan tujuan (terutama dalam penanganan menggunakan metode Cognitive Behavioural Therapy) :

Spesifik  : Tetapkan tujuan spesifik untuk diri sendiri – tujuan secara umum  terlalu luas dan memfokuskan energi Anda pada satu hal adalah pemecahan masalah yang sesungguhnya. Misalnya, mengatakan bahwa tujuan Anda adalah “untuk menurunkan berat badan.” Ini terlalu umum. Hal ini tidak tepat tentang berapa banyak berat badan Anda ingin turunkan. Makadari itu terapkan tujuan spesifik!

Measurable : Jika tujuan Anda tidak dapat diukur, bagaimana Anda akan tahu kapan Anda telah mencapai tujuan itu? Menetapkan tujuan yang terukur akan membantu Anda untuk mengukur usaha Anda dan membiarkan Anda tahu jika Anda bekerja cukup keras. Melihat dari contoh sebelumnya, bahwa jika Anda menetapkan tujuan ingin kehilangan 5kg itu merupakan tujuan yang terukur dan spesifik. Jalur menuju sukses akan lebih jelas dengan tujuan yang terukur.

Achievable : Bermimpi merupakan karakteristik yang indah jika kita menjadi manusia. Namun, ketika kita ingin dan bermimpi untuk mencapai tujuan ini hanya mengarah pada terciptanya gol yang sering bersifat tak terjangkau bagi sebagian besar orang. Contoh anda ingin terpilih menjadi perdana menteri, atau menyelesaikan maraton London tanpa pelatihan yang memadai. Jika Anda bertanya pada diri sendiri pertanyaan: “Apakah tujuan ini mungkin dicapai jika saya tetap berpegang pada rencana saya tanpa aksi?” Dan jawabannya adalah “tidak”, maka Anda menuju kegagalan dan Anda harus mulai dari awal.

Realistis : Tujuan harus sejalan dengan kenyataan. Jika Anda telah menetapkan tujuan untuk menurunkan 5kg dalam waktu satu minggu, atau untuk memenangkan X Factor Selasa ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali arah tujuan Anda setelah tau apakah tujuan tersebut realistis untuk dicapai. Keep your head on straight

Time Frame : Menetapkan jumlah yang jelas terhadap waktu yang Anda dedikasikan untuk tujuan Anda. Luangkan waktu untuk memikirkan berapa banyak waktu yang realistis untuk mencapai tujuan Anda. Sangat orang menjadi frustrasi dan menyerah karena mereka terlalu sabar. Orang sering gagal untuk mencapai tujuan mereka karena mereka tidak bekerja cukup sering atau cukup lama. Your success is worth the time!

Source : http://www.harleytherapy.co.uk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s